Thursday, November 14, 2013

Sudahkan anda membaca hari ini? apa yang anda baca dan apa yang anda dapatkan dari kegiatan membaca yang anda lakukan? Jika anda membaca dengan benar, akan banyak hal yang dapat anda peroleh. Sebaliknya, membaca yang hanya sekedar menyuarakan lambang-lambang tertulis tanpa memahami artinya tidak akan memperoleh banyak manfaat. Menyuarakan lambang-lambang bunyi tanpa memahaminya memang sudah dapat dimasukan dalam kegiatan membaca, namun membaca seperti itu biasanya dilakukan anak-anak yang sedang belajar. Jadi, bagi yang sudah dapat membaca tentu saja membaca bukan sekedar menyuarakan lambang-lambang bunyi.

Menurut Tarigan (1983:7) membaca adalah proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan, yang hendak disampaikan oleh penulis melului media kata-kata atau bahasa tulis. Jadi dalam membaca terdapat suatu upaya untuk memperoleh pesan yang ada dalam tulisan. Hal ini juga sesuai dengan pendapat Harjasujana (1985:3) yang menyatakan bahwa membaca merupakan kegiatan merespon lambang-lambang tertulis dengan menggunakan pengertian yang tepat. Hal ini juga menunjukkan bahwa dalam membaca perlu memahami isi bacaan.
Adapun menurut Kridalaksana (1993:135), membaca adalah keterampilan mengenal dan memahami tulisan dalam bentuk  urutan lambang-lambang grafis dan perubahannya menjadi wicara bermakna dalam bentuk pemahaman diam-diam atau pengujaran keras-keras. Berdasarkan definisi tersebut dapat diketahui bahwa dalam membaca kita perlu memahami tulisan. Selain itu, kita juga dapat mengetahui bahwa membaca dapat dilakukan dengan bersuara dan tidak bersuara. Menurut Dechant dalam Zuchdi (2007:21), membaca adalah proses pemberian makna terhadap tulisan, sesuai dengan maksud penulis. Definisi ini juga menunjukkan bahwa membaca dilakukan untuk menangkap makna yang disampaikan penulisnya. Berarti hal ini juga senada dengan definisi-dfinisi membaca yang telah dikemukakan beberapa ahli diatas. Definisi diatas juga sesuai dengan definisi membaca yang dikemukakan oleh beberapa ahli lainnya. Misalnya Smith dalam Abadi, yang menyatakan bahwa membaca merupakan suatu proses membangun pemahaman dari teks tertulis. Adapun Ahuja dalam Abadi, menyatakan bahwa proses membaca juga meliputi identifikasi simbol-simbol bunyi dan mengumpulkan makna melalui simbol-simbol tersebut.

Berdasarkan definisi beberapa ahli diatas, dapat kita ketahui bahwa membaca tidak hanya melibatkan mata, namun lebih pada pemahaman bacaan. Jadi, seorang yang tidak dapat melihatpun dikatakan dapat membaca jika ia mampu memahami tulisan. Misalnya, tulisan yang menggunakan huruf Braille. Untuk memahami bacaan diperlukan konsentrasi. Kita harus memusatkan konsentrasi pada bacaan selama proses membaca. Dengan cara demikian kita akan dapat memperoleh manfaat dari membaca.

Nah, itulah definisi membaca yang dapat saya sajikan pada posting kali ini, jangan lupa untuk mengingat kembali apakah selama ini pembaca sudah berusaha menangkap makna dalam setiap tulisan yang dibaca, ataukah baru sekedar mencermati huruf-huruf yang merangkai kalimat dalam tulisan?

B. Manfaat Membaca
Anggapan bahwa membacamerupakan kebutuhan, bukan beban dapat pembaca rasakan jika pembaca menyadari bahwa membaca memiliki banyak manfaat, diantaranya sebagai berikut:

1). Meningkatkan Kadar Intelektualitas.
Kita pasti akan merasa bangga jika memiliki intelektualitas yang tinggi. Lebih dari sekedar untuk dibanggakan, pembaca juga harus menyadari bahwa ada banyak hal yang berguna yang dapat pembaca sumbangkan. Kadar intelektual dapat ditingkatkan melalui membaca, misalnya dengan membaca karya ilmiah populer. Karya ilmiah populer merupakan karangan yang berisi ilmu pengetahuan dan disajikan dengan menggunakan bahasa yang populer. Bahasa yang populer merupakan bahasa yang sudah dikenal oleh masyarakat awam atau masyarakat umum. Dengan demikian karangan ilmiah populer akan lebih mudah dipahami.
Namun jika masih merasa kesulitan untuk memahami kosakata yang digunakan dalam beberapa karya ilmiah, embaca dapat menggunakan kamus untuk memahami beberapa kata yang sulit. Hal ini berarti sekaligus akan meningkatkan penguasaan kosakata yang dimiliki.

2). Memperoleh Berbagai Pengetahuan Umum dan Informasi
Dengan membaca ada banyak hal yang dapat kita ketahui, ada dunia ilmu pengetahuan yang luas dibalik kata-kata yang dirangkai dalam beragam tulisan. Dengan membaca tulisan yang disusun oleh orang-orang yang berilmu pengetahuan, maka akan dapat menimba ilmu dan informasi penulisnya. Ilmu dan informasi tersebut akan memperkaya hidup kita.

3). Mengetahui Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
Beberapa hal yang berkaitan dengan penemuan baru di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi sering kali disampaikan melalui tulisan. Jika tidak mau membaca, berarti kita telah mengisolasi diri sendiri dari berbagai informasi tentang ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut. Sebaliknya, dengan membaca kita akan menyadari bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang.

4). Mendapatkan Banyak Pengalaman Hidup
Pengalaman adalah guru yang paling berharga. Kita dapat membaca berbagai pengalaman hidup seseorang yang ditulis dalam bentuk biografi. Dengan membaca biografi, kita dapat belajar dari pengalaman hidup orang lain. jika kita dapat belajar dari pengalaman hidup orang lain, bukan hal yang mustahil kita akan menjadi pribadi yang mampu menyikapi hidup dengan baik.

5). Memiliki Cara Pandang dan Pola Pikir Yang Luas
Membaca akan membuat kita memiliki banyak pengetahuan . Pengetahuan tersebut akan menjadi bekal kita dalam memandang dan berfikir tentang berbagai hal. Semakin luas pengetahuan kita, semakin banyak pula hal-hal yang dapat kita pertimbangkan sebelum memutuskan sebuah permasalahan. Pengetahuan yang luas juga akan membuat kita tidak akan terkungkung dalam cara pandang dan pola pikir sempit yang dapat merugikan diri sendiri.

6).Memperkaya Perbendaharaan Kata
Membaca berbagai pengetahuan akan membuat kita memiliki perbendaharaan kata yang banyak. Dalam sebuah bacaan biasanya dapat kita temukan kosakata yang belum kita ketahui maknanya, untuk mengetahui maknanya kita dapat melihat pada kamus. Dengan demikian kita akan dapat meningkatkan penguasaan kosakata.  Perbendaharaan kata ini selanjutnya dapat kita manfaatkan untuk menyimak dan memahami berbagai informasi yang mungkin menggunakan kata-kata tersebut. Jadi pengetahuan kita pun akan bertambah. Selain itu perbendaharaan kata yang banyak dapat membantu kita pada saat menyampaikan sesuatu melalui tulisan. Dalam kehidupan sehari-hari perbendaharaan kata yang banyak juga bermanfaat dalam kegiatan berkomunikasi.

7). Mengetahui Berbagai Peristiwa Yang Terjadi di Berbagai Belahan Dunia
Banyak hal yang terjadi di berbagai belahan dunia diabadikan dalam bentuk tulisan. Dengan banyak membaca kita akan mengetahui berbagai hal yang terjadi di berbagai belahan dunia. Berbagai peristiwa yang aktual juga dapat kita ketahui dengan membaca berita dalam berbagai surat kabar.

8). Meningkatkan Keimanan
Membaca buku-buku rohani dapat meningkatkan keimanan kita terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Kita akan semakin dekat dengan Tuhan, dengan demikian kita juga akan merasa lebih tenang dalam hidup

9). Mendapatkan Hiburan
Pernahkan pembaca membaca cerita lucu? pernahkan tertawasaat membaca? Hal-hal lucu dalam bacaan sering kali dapat membuat kita tertawa. Kita akan merasa terhibur, dengan demikian, melalui membaca kita dapat memperoleh hiburan yang mudah, bahkan sering kali-hal-hal yang bermanfaatpun disampaikan dengan bahasa yang menghibur. Jadi, pembaca dapat memperoleh pengetahuan sekaligus hiburan.
Membaca berbagai karya sastra juga dapat membuat kita merasa terhibur, isi cerita yang mengalir sering kali membuat pembaca merasa terhibur. Selain itu karya sastra biasanya juga berisi pengalaman hidup tokoh-tokohnya. Pembaca juga dapat mengambil pelajaran dari tokoh-tokoh dalam karya sastra tersebut. 

Bagaimana, ada banyak manfaat yang dapat kita ambil dari membaca bukan? Dari 9 manfaat yang saya utarakan diatas, pembaca mungkin dapat menambahkannya. Oleh karena banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan membaca tersebut, banyak orang yang tertarik untuk berusaha meningkatkan kemampuan membacanya. Bagaimana dengan Anda sendiri?
Itu tadi sedikit yang bisa saya bagikan, mudah-mudahan membawa manfaat dan memberikan efek positif terhadap pola pikir dan pandangan kita, saran dan kritik serta komentar yang membangun selalu saya tunggu demi kemajuan dan perbaikan blog ini. 

Wassalam...
Posted by: Yuliyati
Blog. Seri Bahasa Indonesia Updated at: 6:41 PM

15 komentar :

Ecehan21 said...

Kayseri
Ankara
Kilis
Sakarya
Bursa
UR8O

Senay3 said...

Antalya
Elazığ
Mersin
Eskişehir
Amasya
2A5

Fazlı4 said...

yozgat
sivas
bayburt
van
uşak
PGK21

RocketCyberNomad said...

goruntulu show
ücretli
SY5PX4

MaceraYıldızı11 said...

https://titandijital.com.tr/
kütahya parça eşya taşıma
siirt parça eşya taşıma
tekirdağ parça eşya taşıma
adana parça eşya taşıma
E7Q21

42977Ollie39761 said...

AAE1B
Yozgat Lojistik
Erzincan Lojistik
Konya Parça Eşya Taşıma
Çankırı Parça Eşya Taşıma
Tokat Parça Eşya Taşıma

7BCABEarnest7C028 said...

2F4C7
Muş Parça Eşya Taşıma
Adana Evden Eve Nakliyat
Balıkesir Evden Eve Nakliyat
Nevşehir Parça Eşya Taşıma
Ordu Evden Eve Nakliyat

4FA0BWayneECADF said...

48B36
Çanakkale Lojistik
Mardin Lojistik
Kırklareli Lojistik
Sivas Evden Eve Nakliyat
Isparta Parça Eşya Taşıma

9C491Clare940D6 said...

8EBA7
Malatya Şehir İçi Nakliyat
Maraş Lojistik
Giresun Şehirler Arası Nakliyat
Aydın Lojistik
Zonguldak Şehirler Arası Nakliyat
Çerkezköy Çelik Kapı
Burdur Lojistik
Rize Şehir İçi Nakliyat
Gate io Güvenilir mi

9C9E7Alvaro504C9 said...

9E8FB
https://referanskodunedir.com.tr/

5D92AHezekiahA2EFB said...

FA573
izmir sohbet uygulamaları
görüntülü sohbet sitesi
malatya mobil sohbet sitesi
zonguldak sesli sohbet sitesi
canli sohbet
bilecik rastgele görüntülü sohbet uygulaması
tokat canli sohbet chat
hakkari ücretsiz sohbet uygulaması
agri kadınlarla ücretsiz sohbet

76EB4LachlanAB941 said...

4AA0D
ısparta parasız sohbet siteleri
aksaray ucretsiz sohbet
Tunceli En İyi Ücretsiz Görüntülü Sohbet Siteleri
Antep Rastgele Canlı Sohbet
siirt canlı sohbet uygulamaları
istanbul kadınlarla sohbet et
diyarbakır telefonda kızlarla sohbet
izmir sohbet uygulamaları
gümüşhane canlı sohbet uygulamaları

F6B64BruceD6A79 said...

6C77E
mardin canli goruntulu sohbet siteleri
siirt en iyi görüntülü sohbet uygulamaları
ordu canlı sohbet siteleri ücretsiz
sivas sesli sohbet
Afyon Canlı Sohbet Siteleri
kırşehir ücretsiz sohbet sitesi
izmir görüntülü sohbet
gümüşhane chat sohbet
Karabük Sesli Sohbet Siteleri

BD3D5Tommie3CECC said...

C65ED
Parasız Görüntülü Sohbet
Btcturk Borsası Güvenilir mi
Periscope Takipçi Satın Al
Parasız Görüntülü Sohbet
Coin Nasıl Alınır
Twitter Trend Topic Hilesi
Nonolive Takipçi Satın Al
Twitch İzlenme Hilesi
Okex Borsası Güvenilir mi

0818ARachaelE8F0C said...

2F13B
Kwai Beğeni Hilesi
Coin Oynama
Ort Coin Hangi Borsada
Binance Nasıl Üye Olunur
Onlyfans Beğeni Hilesi
Tumblr Takipçi Satın Al
Likee App Beğeni Hilesi
Ceek Coin Hangi Borsada
Kripto Para Kazma Siteleri

Post a Comment